X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

RAT K3 TB 2023 Dampingi SPKS Kopbun Piansak Mandiri Bimbingan PT.AN


Sekadau,Batasborneo.com 
Koperasi perkebunan (Kopbun) Piansak Mandiri desa Setawar mengelar rapat angota tahunan (RAT) tahun buku 2023 yang berlangsung di langkau Penogok Rimba Engkulong desa Setawar Jumat (5/4) 2024.

Adapun tema RAT Kopbun Piansak Mandiri mengambil tema "Kami Petani, Kami Penjaga Hutan Menuju Sawit Berkelanjutan".

Kepaladesa setawar Nasarius Kem, selaku Ketua pengurus Kopbun Piansak Mandiri menyampaikan, mengapa kita Melaksanakan RAT, di hutan adat ini, kata ia agar kita mengetahui bahwa kita punya hutan adat untuk di jaga dan di lestarikan, agar generasi anak cucu kita tau, ada nya hutan ini, dan RAT di sini bukan kerna kita tidak ada tempat, hanya saja untuk mengetahui hutan ini, kata ia Pasilitas desa juga ada untuk RAT nah sebai petani kita juga bisa menjaga hutan adat kita, kata Nasa 

Sambung nya, jumlah angota Kopbun Piansak Mandiri terdiri dari 58 anggota dengan luas kebun 120 Ha dengan hasil produksi 410 ton selama tahun 2023.
Kopbun Piansak Mandiri berdiri atas inisiasi dari Serikat Petani Kelapa Sawit  (SPKS) kabupaten Sekadau dan untuk teknis kebun di bimbing dan bekerja sama dengan PT.Agro Andalan kata Nasarius Kem.

Nasarius Kem menambahkan, untuk akses penjualan TBS, Kopbun Piansak Mandiri sudah mengunakan data pengiriman buah (DTB) Kopbun dan dijual langsung ke PKS 8 milik PT Agro Andalan kata Nasarius Kem. Dan itu tanpa melalui tengkulak" 

Ketua bidang Organisasi SPKS kabupaten Sekadau Sudarno dalam sambutannya mengatakan untuk pendampingan kepada Kelompok tani yang ada di wilayah binaan SPKS, Ia berharap dengan RAT ini agar dapat mendorong para kelompok tani agar lebih meningkat dalam pengelolaan nya, kata ia jika hasil nya mampu mencukupi yang di target dari kelompok tani kita arti nya kita sudah berhasil dalam mengelola kebun milik kelompok ini, nah hanya saja tingal perawatan yang perlu kita jaga.

Sambung nya dan sampai saat ini SPKS sudah berhasi mengantarkan Kopbun Persada Engkersik Lestari (PEL) mendapatkan sertifikasi Indonesia Suataneble Paml Oil (ISPO) pertama di Kalbar dan sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Kedepan, SPKS juga akan mendorong beberapa Kopbun untuk diajukan agar mendapatkan sertifikasi ISPO maupun RSPO.

Sementara itu,Pihak PT agro Andalan Hendri menyampaikan mengucapkan selamat menjalankan RAT (Rapat Anggota Tahunan), agar bisa berjalan dengan lancar, ia berharap bagai mana produksinya membaik dan meningkat, ia juga berpesan dengan ada nya RAT ini tentu nya dapat saling memberi pemahaman, Kepada kelompok Petani petani yang ada disini, di wilayah binaan PT Angro Andalan sebab kebutuhan PKS perlu kita tingkatkan dengan adanya para petani kelapa sawit di desa setawar ungkap nya, 

Dan sambung ia secara agro nomi, kita siap melakukan pendamping nya, kepada kelompok kelompok tani, agar dapat produksi semaksimal mungkin,

Kepala dinas koperasi UKM dan Transmigrasi kabupaten Sekadau  St.Emanuel S.KM mengapresiasi Kopbun Piansak Mandiri atas pelaksanaan RAT ini. Ini menunjukan bahwa Kopbun Piansak Mandiri sudah memenuhi perintah UU nomor 25 tahun 1992 tentang Koprasi kata Emanuel.

Ia menambahkan jumlah koperasi di kabupaten Sekadau mengalami pertumbuhan yang pesat terbukti pada tahun 2022 jumlah koperasi di kabupaten Sekadau ada 193 koperasi, dan pada tahun 2023 meningkat menjadi 203 koperasi. Dengan bertumbuhnya koperasi, kata Emanuel, pertumbuhan ekonomi kabupaten Sekadau juga mengalami pertumbuhan yang selaras dengan program Pemkab yaitu Maju, Sejahtera dan Bermartabat.
LihatTutupKomentar