X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Wabup, Subandrio : Pemilu 2024 Ciptakan Suasana Yang Kondusif


SEKADAU,Batasborneo.com Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sekadau oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Bertempat di Aula Kantor Urusan Agama Komplek Pemerintah Kabupaten Sekadau pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kabupaten Sekadau  beranggotakan 17 orang pengurus diketuai, Paulus Lion dalam kegiatan ini sedang mengikuti pembinaan guna memiliki tujuan untuk membanguan kemitraan yang harmonis, antara etnis masyarakat yang ada di kabupaten sekadau, hal ini guna tujuan menciptakan agar suasa kondusif serta menjalin silaturahmi antara warga, 

Serta menyamakan persepsi dan toleransi antar agama, memperkuat komitmen penanganan keagamaan, menampung aspirasi umat beragama dan masyarakat, serta opitamalisasi pemberdayaan umat beragama di Kabupaten Sekadau.

Tema kegiatan diusung adalah "Memelihara toleransi dan kerukunan beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara." 

Wakil Bupati, Subandrio mengatakan bahwa NKRI didirikan atas dasar perbedaan. Kita mengetahui bahwasanya dari Sabang sampai Merauke, berbagai macam suku, agama dan budaya. Hal ini perlu kita jasa sesama agar tidak memantik suasana yang tidak kondusif,

"Dunia acung jempol terhadap Indonesia, Kita memiliki landasan yang kuat, yaitu Pancasila dan UUD 1945."

Ia juga mengatakan dengan ada kegiatan ini guna untuk menghadap Tahun 2024 akan menghadapi gawai besar, pemilu secara serentak. Dengan masyarakat yang flural bisa menciptakan gesekan-gesekan, ini perlu kedewasaan kita, untuk menyikapi agar tidak ada terjadi hal yang negatif ujarnya.

"Kita harus memfilter informasi-informasi yang ada di medsos, baik tiktok, facebook media sosial lainnya," kata Subandrio juga selaku Dewan Penasehat FKUB.

"Ini adalah tugas kita bersama menjaga demokrasi kata Wabup, seringnya menghadapi konflik-konflik baik vertikal maupun horizontal. FKUB diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, mendeteksi dan pemetaan kerukunan umat beragama di wilayah Sekadau.

"Ia juga mengucapkan Terima kasih kepada Kesbangpol telah merancang kegiatan ini, demi menjaga daerah agar kondusif," itu harapnya

"Harapan dengan ada nya kegiatan pembinaan. Ini
Kedepan nya agar Mampu menciptakan serta meredamkan, suasana yang damai dan mencari solusi gangguan umat beragama, penyebab-penyebab konflik akibat jarang tatap muka, langsung berasumsi buruk. Tegas nya,

Mampu mensosialisasikan regulasi yang dibuat pemerintah daerah kepada masyarakat. FKUB bersinergsitas dengan pemda untuk menciptakan kerukunan umat beragama.

Akhir acara dilanjutkan penandatanganan banner deklarasi pemilu damai tahun 2024 dari sinergitas Kesbangpol dan Polres Sekadau.

Hadir pada kegiatan:
Sekretaris Kesbangpol Sekadau, Kemenag, Forkopimda, Pengurus FKUB Kabupaten Sekadau.(d)



Editor :   Venan
LihatTutupKomentar