X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Edi-Rendi Bangkitkan PERSIKUKAR FC, Jaring Atlet Lokal ke Kancah Profesional


TENGGARONG- Batasborneo.com Klub sepak bola legendaris asal Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur sebentar lagi akan berlayar di kompetisi Liga 3.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah berkomitmen untuk membangkitkan kembali gairah klub sepak bola PERSIKUKAR FC.

Klub ini dinahkodai langsung oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin dan berada di bawah naungan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah.

"Kami telah melakukan rapat koordinasi dengan tokoh olahraga Kukar terkait dengan PERSIKUKAR FC yang akan mengikuti Kompetisi Liga 3 PSSI Wilayah Kaltim," ujar Rendi Solihin.

Pihaknya juga akan lebih fokus menyalurkan talenta sepakbola asli Kukar ketimbang gambar-gembor untuk sesegera mungkin promosi ke liga 1.

Mengingat spirit awal diorbitkannya kembali klub legendaris ini adalah untuk menjembatani pesepakbola muda asal Kukar agar bisa menggapai mimpinya bermain bola secara profesional.

“Ke depan akan kita lakukan rekrutmen kepada para pemain-pemain bertalenta kukar, untuk bergabung ke dalam squat Persikukar FC,” ujar Rendi.

“Dengan talenta yang dimiliki di Kukar, kitaa optimis untuk bisa mengikuti Kompetisi di Liga 3 PSSI Wilayah Kaltim,” begitu Pungkasnya.

Pemimpin muda itu dalam waktu dekat berencana membuka rekrutmen untuk menjaring pemain lokal bertalenta yang siap berlaga di Kompetisi Liga 3.

"Kita optimis bisa mengikuti Kompetisi di Liga 3 PSSI Wilayah Kaltim. Ke depan kita lakukan rekrutmen pemain bertalenta Kukar untuk bergabung ke dalam squad tim PERSIKUKAR FC," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara, Aji Ali Husni mengatakan, niat membangkitkan PERSIKUKAR FC memiliki sejumlah tujuan.

Yakni, untuk mewadahi bakat pesepakbola muda asal Kutai Kartanegara yang siap menyalurkan talentanya ke jenjang profesional. 

Mengingat, selama ini Kukar tidak pernah kehabisan pemain-pemain muda berbakat. Hanya saja, tidak banyak pemain yang punya kesempatan untuk bisa sampai ke jenjang tersebut.

“Kecuali mereka aktif ikut seleksi-seleksi di tim profesional. Tapi kalau mereka hanya ikut pertandingan saja, ya hanya selesai sampai disitu,” ungkap Ali.

Saat ini pihaknya masih melakukan pendaftaran PERSIKUKAR RC ke liga 3. Jika tidak ada kendala, klub yang punya sejarah panjang dalam dunia sepakbola di Kukar ini akan mulai berkompetisi pada perhelatan liga 3 musim ini.

“Saat ini kan kita masih proses pendaftaran dulu. Hanya tingga melengkapi administrasi dan membahas masalah manajemen serta pembiayaan," kata Aji Ali Husni.

Secara regulasi, lanjutnya, Pemerintah Daerah masih diperbolehkan untuk mengambil peran dalam menaungi klub yang berkompetisi di Liga 3.

Namun demikian, Dispora Kutai Kartanegara ingin menggandeng perusahaan yang beroperasi di wilayah Kukar untuk ikut mengambil peran dalam mengorbitkan klub sepakbola sarat sejarah ini.

"Masih kita bicarakan lebih lanjut soal pembiayaan ini, karena tidak bisa murni dari Pemkab Kukar saja. Kami berencana menggandeng perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan olahraga di Kukar,” tandasnya. (*)





Editor: Nurdin
LihatTutupKomentar