X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Pemda gawai

Pemda gawai

Masih Dengan Semangat Kemerdekaan Pemkab Kukar Adakan Pawai, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Ikut


TENGGARONG batasborneo.com Masih dengan semarak dan semangat kemerdekaan, sesuai dengan surat edaran (SE) yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, bahwa tepat pada hari sabtu, 19 Agustus 2023 akan diselenggarakannya Pawai di Kota Raja.

Tema yang di usung kali ini masih selaras dengan tema HUT RI, yaitu “Kukar Idaman Untuk Indonesia”

Adapun rutenya dimulai dari Jalan KH Ahmad Muksin dengan titik awal di Jembatan Repo Repo - Jalan Robert Wolter Monginsidi dan berakhir di Taman Kota Raja (TKR). 

Berdasarkan SE yang bernomor: B-1924/PROKOM/003.1/08/2023 perihal Partisipasi Pawai Pembangunan dan Budaya Dalam Rangka Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, ditetapkan bahwa surat ini ditujukan kepada seluruh perangkat daerah Kukar, 20 kecamatan, Perseroda/BUMN, paguyuban, sekolah SD/SMP/SMA, organisasi kepemudaan, keagamaan dan organisasi wanita se-Kukar. 

Dari surat tersebut, juga dikeluarkan Sejumlah ketentuan untuk memeriahkan pawai ini agar sesuai dengan Kutai Kartanegara dan HUT ke-78 RI, bahwasanya seluruh OPD, Kecamatan, Perseroda/BUMD untuk bisa menampilkan dekorasi atau kendaraan hias dengan tema keberhasilan pembangunan ataupun inovasi yang telah dilakukan.

Untuk kecamatan, selain menampilkan tema keberhasilan pembangunan ataupun inovasi yang telah dilakukan, juga dapat menampilkan atraksi budaya menyesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing kecamatan.

Selanjutnya, paguyuban, sekolah SD/SMP/SMA, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan dan organisasi wanita akan menampilkan tema HUT ke-78 RI, yakni Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, dan sub tema pawai Kukar Idaman Untuk Indonesia. 

Rendi menegaskan, bahwa setiap perwakilan akan mengirim 50 orang peserta pejalan kaki. Hal ini untuk efesiensi waktu pelaksanaan pawai, karena peserta pejalan kaki merupakan satu kesatuan dengan kendaraan hias.

“Peserta pawai dipersilakan menampilkan atraksi seni dan budaya yang menghibur, dan tidak monoton di depan Tribun Kehormatan dengan waktu tidak lebih dari dua menit,” jelas Rendi Solihin

Terakhir, tak lupa Rendi Solihin juga turut mengajak warga Kukar terutama warga Kota Raja untuk bisa ikut berpartisipasi dalam rangka memeriahkan kegiatan pawai kali ini.

“Semuanya untuk ikut berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan pawai pembangunan dan budaya Kukar Idaman Untuk Indonesia,” kata Rendi.
(Diyah)
LihatTutupKomentar