X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Bupati Aron, Membuka Kegiatan Pekangawai Dayak Sekadau Ke XII

Sekadau,Batasborneo.com Bupati Aron SH, Membuka kegiatan Pekan Gawai Dayak (PGD) ke XII tahun 2023 di Betang Yout Senter jl panglima naga, komplek pasar baru,  pada Selasa (18/7) 2023.

"Bupati Sekadau Aron SH dalam sambutan pembukaan PDG mengatakan, Gawai merupakan tradisi adat Dayak yang sudah turun temurun. Dan gawai merupakan bentuk rasa syukur atas panen padi yang diperoleh selama satu tahun sebelumnya.

"Gawai merupakan ungkapan rasa syukur kita atas hasil panen padi yang kita peroleh tahun sebelumnya

"Gawai Dayak yang sudah. di agendakan pada setiap tahun,, nya sebagai bentuk memperingati hari hasil panen padi, 
Selain itu juga gawai Dayak yang merupakan sebagai bentuk pelestarian adat budaya, ingat nya kepada masyarakat Sekadau selama melaksanakan hari gawai agar saling menciptakan suasana kondusifitas, demi kelancaran, acara PGD Bersama, terimakasih juga kepada pihak TNI-Polri yang terlibat dalam, pengamanan selama PGD berlansungan, berkat kerjasama agar berjalan dengan lancar.

Aron berharap kebudayaan yang sudah turun temurun ini, harus di lestarikan. Harus ada catatan sejarahnya. gawai juga merupakan ajang promosi kebudayaan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional kata aron

Selanjut nya Para tamu undangan mengelilingi tempayan tuak sebagai prosesi sebagai tanda mulai adat gawai dayak

"Kegiatan pembukaan (PGD) yang dihadiri Anggota DPD RI Maria Goreti, Utusan Gubernur Kalbar, Kapolres Sekadau,Dandim 1204 Sanggau - Sekadau, Ketua DAD Provinsi Kalbar,ketua dan pengurus DAD kabupaten Sekadau, ketua panitia gawai ke XII, Perwakilan dari MADN, Uskup Ke-Uskupan Sanggau Mrg.Valentinus Saeng CP, Para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau dan sejumlah tamu undangan lainnya.(v)






Editor:venan

LihatTutupKomentar