X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Bupati Aron SH, Membuka Kelingkumang Festival Di Taman Kelempiau

Sekadau,Batasborneo.com Bupati Aron SH, Pembukaan kegiatan Keling Kumang Festival Tahun 2023  berlangsung di Taman Kelampiau, Tapang Sambas, Kabupaten Sekadau, Kamis 23 Maret 2023.

Kegiatan Keling Kumang Festival yang perdana ini dalam rangka merayakan Anniversary 30 tahun CU Keling Kumang, kegiatan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 23-25 Maret 2023, dimana adakan Iban Sammit ke-2 dan perlombaan seperti pangkak gasing, menyumpit, pemilihan Bujang Keling dan Dara Kumang.

Pada acara pembukaan KK Festival yang dilaksanakan pada hari ini, sebelumnya melakukan kegiatan ini penyambutan rombongan bupati Sekadau, dengan Tari Adat tradisi Budaya Dayak, Dilanjutkan dengan penampilan marching band dari Yayasan CU Keling Kumang yang membawa mars Keling kumang. 

Berdasarkan laporan ketua Yayasan Pendidikan CUKK, Munaldus menyampaikan bahwa puncak kegiatan ini disebutkan dengan pesta mutiara 30 tahun, harapannya supaya bisa mempromosikan seni budaya dan karya lokal daerah, mengembangkan bisnis dan talenta-talenta anak muda, jika respon masyarakat positif maka KK festival akan diadakan setiap tahun, ungkapnya.

Event ini tentunya menaikan kepariwisataan kabupaten Sekadau, Sumber dana berasal dari biaya swadaya, kepada masyarakat agar dapat membantu dengan membeli tiket masuk. Target kedepan kegiatan CUKK akan adakan Green Forest yang diisi oleh musisi iban, membangun balai pertemuan di bulan April mendatang, serta membangun teater tertutup.

Bupati Sekadau, Aron, S.H, membuka kegiatan KK Festival dengan memukul Gong sebanyak 7 kali sebagai tanda dimulainya acara ini, pada sambutannya, Aron mengatakan bahwa pemerintah daerah terus mendukung gerakan CU Keling Kumang, semoga kegiatan KK Festival ini akan menjadi wadah bagi kaum muda untuk mengembang bisnis dan talenta-talenta, Terkait dengan kegiatan ini, diharapkan dapat melahirkan anak-anak yang berbakat, serta bisa bersaing di kancah tingkat nasional.

"Tahun depan pemerintah daerah  merencanakan berkerja sama denga kegiatan budaya di kabupaten Sekadau, merencanakan agenda tahunan KK festival, merencanakan festival wisata di batu jato, kedepannya merencanakan penetapan tanggal Gawai Dayak", ujarnya.

"Pemerintah daerah juga mendukung Wisata Taman Kelempiau  CUKK di Tapang Sambas, agar diketahui lebih banyak orang, tentu ada efek dominonya, masyarakat bisa merasakan dampak jika kerajinan tangan dan karyanya bisa diminati masyarakat luar", tutur Aron
LihatTutupKomentar