X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Desa Sungai Sambang, Sukses Deklarasi (ODF) Stop BABS Sembarang Tempat,

Sekadau,Batasborneo.com Pemerintah Desa Sungai Sambang kecamatan Sekadau hulu berhasil mewujudkan deklarasi Open Deffectation Free (ODF)  stop buang air besar sembarangan (BABS) yang berlangsung di lapangan bola depan kantor Desa Sungai Sambang, Kecamatan Sekadau Hulu Jumat, ,(26/1) 2024.

Hari ini Juga Desa sungai sambang mendeklarasikan Pilar 1- 3 yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun, dan Pengelolaan Air Minum dan Makanan Dengan Benar.

Selain deklarasi ODF, kegiatan juga diisi dengan penyerahan paket makanan tambahan untuk ibu hamil, dan dilanjutkan penandatanganan prasasti deklarasi.

Bupati Sekadau, Aron, SH dalam berbagai mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat setempat yang hari ini deklarasikan stop BABS di Desa Sungai Sambang.

“Ini bukan perkara yang mudah, walaupun WC itu diperlukan, namun untuk menyakinkan masyarakat tidak buang air besar sembarang tempat, sebab kalau bukan kita yang menjaga lingkungan sendiri, siapa lagi, nah maka dari itu setelah Stop BABS pada hari ini, agar tidak ada lagi masyarakat Buang air besar di hutan maupun di sungai tegas Bupati Aron

"ODF Itu bisa terwujud bila masyarakatnya kompak dan bersatu sambung Aron.

“Ini komitmen kami untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih di lingkungan masing-masing” kata ia selain itu juga kita sudah, mengadakan pengobatan geratis yang berkerja sama dengan dinas kesehatan PP dan KB kabupaten Sekadau mengadakan pengobatan geratis, seperti cek darah, kolestrol, Asam urat, gula darah, serta, memberi vitamin kepada ibu yang sedang hamil, dengan ada nya pengobatan geratis tentunya masyarakat desa sungai sambang yang jauh dari puskesmas, merasa terbantu ucap nya, pengobatan geratis dengan syarat membawa KTP, naah jika yang belum ada BPJS agar segera mengurus BPJS, sebab jika ada BPJS untuk meringankan beban masyarakat kita tidak perlu bayar lagi, di Puskesmas Hanya saja kita membayar sesuai dengan tagihan BPJS pebulan nya, jika ada keluhan lain nya bisa berobat ke puskesmas terdekat, kata bupati.

Aron juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga situasi keamanan selama masa kamoanye berlangsung.

Menjelang pemilu serentak 14 Februari nanti, mari kita datang ke TPS, untuk menentukan masa depan Kabupaten, hal

"Dengan cuaca yang tidak.menentu sekarang ini,kepada kades mohon mengirimkan data TPS yang rawan banjir dan saat logistik didistribusikan ke TPS, maka harus dipastikan TPS itu aman, ingat Aron.

LihatTutupKomentar