X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Wakil Bupati Sekadau Subandrio, S.H., M.H. Membuka Rapat Koordinasi Fasilitasi Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga Tahun 2023 di Gedung Kateketik

Sekadau,Batasborneo.com Wakil Bupati Sekadau Subandrio, S.H., M.H. Membuka Rapat Koordinasi Fasilitasi Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga Tahun 2023 di Gedung Kateketik Sekadau, Selasa (07/11/2023)

Pemerintah Pusat dan Daerah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam upaya untuk melakukan penanganan terhadap masyarakat miskin, namun persoalan yang terjadi adalah masih adanya penerima manfaat dari program-program tersebut yang tidak tepat sasaran. Dengan ada nya kegiatan ini perlu kita sampaikan agar kedepan nya nanti tidak terulang, sehinga penerima manfaat tetap sasaran.

Dalam sambutan Plt. Kadis Sosial, PP dan PA Kabupaten Sekadau Martinus Ridi, SKM., MM. dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini, selain memiliki tujuan fungsi untuk, agar dapat meningkat kan kualitas pelayanan di kabupaten sekadau khusus nya kepada masyarakat, agar tujuan sesuai dengan kategori yang sudah ada di tentukan, serta tepat sasaran

Kata ia Agar tujuan utama untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pengolahan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang merupakan basis data dalam pemberian bantuan sosial.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai amanat Undang-Undang, Pemerintah harus hadir untuk mengurus masyarakat miskin agar bisa hidup layak dan mendapatkan perlindungan sosial.

Berkaitan dengan bantuan yang tidak tepat sasaran, Wabup meminta kepada para Kepala Desa agar melakukan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi SIKS NG yang dikelola oleh operator di masing-masing Desa, sehingga Data Masyarakat Miskin terus update sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. Ia juga menyampaikan jangan sampai ada data yang nanti nya kurang tepat sasaran, nah Maka dengan ada kegiatan ini, agar dapat pemahaman kedepan nya,

“Melalui kegiatan ini, maka diharapkan kita lebih cepat dalam penanganan kemiskinan yang ada di Kabupaten Sekadau”, ucap Wabup.

DTKS merupakan data yang terintegrasi dengan data kependudukan, untuk itu Wabub meminta kepada para Kepala Desa untuk mendorong masyarakatnya yang belum tercatat pada sistem data Dukcapil, untuk segera melakukan perekaman KTP.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB, Kepala Dinas Dukcapil, Direktur RSUD, Kepala Kantor BPJS Sekadau, para Camat, para Kepala Desa, Operator SIKS-NG, TKSK, Pendamping Sosial dan tamu undangan lainnya.



(Prokopim_Setda2023/v)
Editor : Venan
LihatTutupKomentar