X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Sekda Muhammad Isa Deklarasi Stop BABS ODF desa Nanga Ansar,

Sekadau,Batasborneo.com Pemerintah Desa Nanga Ansar Berhasil Mendeklarasian Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Berlangsung di Kantor Desa Nanga Ansar, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau pada hari Senin, 30 Oktober 2023, Pemdes menyatakan siap melanjutkan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Nanga Ansar merupakan Desa yang luas wilayah kurang lebih 83.000 m², terdiri dari 733 kepala keluarga (KK), jumlah penduduk 2.317 jiwa dan terdapat 3 dusun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa sangat apresiasi setinggi-tingginya dan memberikan penghargaan kepada lapisan masyarakat, baik camat, tokoh agama dan stakeholder karena telah mewujudkan Desa Nanga Ansar menjadi Desa ODF.

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada lapisan masyarakat." ungkapnya.

Dengan deklarasi BABS ODF, Ia berharap kepada warga agar tidak adal lagi yang buang air besar di sungai dan di hutan, ucap nya mari bersama" mewujudkan desa bersih maju, mandiri dan bermartabat, sebab generasi muda ada di pada Muda-mudi, di jaman era digital semua serba canggih, agar mampu bersaing menghadapi masa depan agar mampu membawa perubahan kabupaten Sekadau di masa yang akan datang, 

Menurutnya, deklarasi ini begitu luar biasa, ini komitemen masyarakat hidup sehat. Kesehatan bukan tanggung jawab dokter,   melainkan pribadi, keluarga, dan perilaku kita terhadap lingkungan. 

"Kesehatan ini adalah investasi, tujuan ODF perlu kita apreasiasi. Pemda selalu mendukung." katanya

Penyakit yang timbul harus diatasi lanjut Sekda, Saat ini kita dihadapkan dengan DBD, maka itu Pemda berkomitmn dengan program Sanitasi ini. Memang kita mengharapkan pasrtisipaai masyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama perlu PSN (Pemberantasan sarang nyamuk),.

"Tolong digerakkan PSN ini, karena tempat air akan berpotensi tersebar jentik." pinta Mohammad Isa

Sekda juga apreasiasi dari 7 desa, 100 persen sudah ODF. Keberhasilan Camat atas peran bapak ibu dan sebagai contoh bagi desa lainnya.

Selanjut nya sekda Muhammad Isa, menyerahkan Piagam penghargaan, kaca mata kepada lansia, serta memberi makanan tambahan, vitamin kepada ibu yang hamil di desa Nanga Ansar.

Selanjut nya, acara ramah tamah menampilkan, tarian tradisional dayak, mualang Lang inang, tarian kreasi timur, pertunjukan kuda lumping. Yang di tampilkan pada hari ini, 

Hadir:
Pelaksana Tugas Sekretaris DKPPKB Kabupaten Sekadau, Franseda, Anggota DPRD, Camat Belitang, Hermansyah, Forkopimcam dan undangan lainnya(p)




LihatTutupKomentar