X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Ketua DAD Jefrai Rajatugan 80 persen Persiapan Gawai Dayak Sekadau ke XII

Sekadau, Batasborneo.com Konferensi pers DAD Kabupaten Sekadau bersama Panitia Pelaksana Gawai Dayak Ke XII Tahun 2023, bertempat di Lupung Coffee pada hari Minggu, 16 Juli 2023.

Pelaksanaan Pekan Gawai Dayak ke 12 Kabupaten Sekadau dimulai pada tanggal 18 - 22 Juli 2023, berbagai agenda kegiatan seperti pawai budaya, seminar kebudayaan serta 10 perlombaan yang siap dikompetisikan.

Tahun ini dipercayakan kepada Sub Suku Dayak Kerabat sebagai panitia Gawai, salah satu yang terbesar di Kabupaten Sekadau. Yang mana sebanyak 185 tamu serta para undangan, baik unsur pemerintah daerah maupun DAD.

Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Jeffray Raja Tugam mengajak masyarakat dayak bersama-sama menyukseskan Pekan Gawai Dayak ke 12.

"Pengadaan Gawai Dayak ini merupakan ucapan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah diberkati selama satu tahun", lanjutnya.

Perlu saya sampaikan juga tambah Jeffray, bahwa gawai adat Dayak ini adalah budaya atau kebiasaan, hasil kebudayaan masyarakat sehabis melaksanakan panen.

"Saya mengajak kita semua masyarakat Dayak agar tidak ada hal-hal terjadi selama pergelaran Pekan Gawai Dayak ini hingga selesai", tambahnya.

Terkait dengan pengadaan Seminar merupakan hal terbaru di gawai Dayak kali ini, tentu sebagai pengkajian kebudayaan Kabupaten Sekadau karena selama ini tidak ada masuk buku adat Dayak.

"Selama ini DAD memiliki kelemahan, berdiri tidak dengan etis sendiri, Kita selalu berpatokan dengan pemerintah daerah", ujar Jeffray Raja Tugam.

Esensi sebagai penggalian adat budaya kedepan, kebudayaan yang perlu ditonjolkan. Tentu dengan pengadaan seminar ini untuk menggali budaya kita, terutama adat Sub Suku Dayak Kerabat.

Kesempatan sama, Ketua panitia, Siden menyampaikan bahwasannya persiapan di H-2 pekan gawai ini sudah mencapai 80% ungkapnya kepada Awak Media.(tim)



Editor:venan
LihatTutupKomentar