X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Wabup Subandrio, Targetkan Penurunan Stunting 6% Dalam Satu Tahun

Sekadau,batasborneo.com - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan membuka rapat Koordinasi Audit Kasus Stunting di kabupaten Sekadau, Rabu (14/9/2022) di aula hotel Vinca Borneo Sekadau. 

Dalam sambutan Wakil Bupati Subandrio SH,.MH menyampaikan 

Stunting di kabupaten Sekadau masih menjadi permasalahan Hinga dapat berdampak buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kata Wabup

"Dampak risiko terburuk adalah meningkatnya angka kematian pada anak, tingginya angka kesakitan serta menurunnya fungsi kognitif atau kecerdasan anak. Saat ini Satu dari Tiga anak di Indonesia mengalami Stunting dan tentu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk dapat keluar dari kondisi ini, 

Agar Generasi Anak sehat dan terndar dari Stunting mari kita jaga pola hidup sehat dan bersih, kata Wabup  agar kita dapat menyonsong generasi emas dan bonus demografi yang akan datang. Yaitu Generasi yang sehat, kuat, cerdas dan produktif.

Di Kabupaten Sekadau sendiri, sesuai Data E-PPGBM prevalensi Stunting tahun 2021 sebesar 26, 44 persen dan tidak jauh berbeda dengan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI 2021) sebesar 26,5 %. Tentu ini masih sangat tinggi dari capaian target Nasional pada tahun 2024 sebesar 14 %.

"Dan pada saat ini prevalensi Stunting di Kabupaten Sekadau per tanggal 8 Agustus 2022 sesuai data E-PPGBM sebesar 24,82 %. Ini menunjukkan trend penurunan, dan harapan kami penurunan 6% dalam satu tahun dapat tercapai sehingga pada tahun 2024 Kabupaten Sekadau bisa mencapai target nasional sebesar 14%.

Sambung Wabup" upaya Dalam melaksanakan, percepatan penurunan stunting di kabupaten Sekadau tentunya  kita berkerja sama berbagai tingkatan, lintas sektoral dan program dengan kata lain perlu konvergensi lintas program, dan sektor yang juga menggandeng, pemangku kepentingan, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

"Pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) juga harus segera dilaksanakan mulai tingkat kabupaten, kecamatan dan seluruh desa. Termasuk pembentukan Tim Audit Kasus Stunting Kabupaten Sekadau.  

Dan Kita juga berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Pengendalian penduduk dan keluarga berencana, (PP dan KB) upaya dalam penanganan Kasus Stunting, upaya percepat penurunan Stunting demi ke selamatan generasi anak cucu, serta memberi bantuan, makanan yang merupakan makanan Asupan gizi tambahan  ke pada anak usia dini,  demi tercapainya penurunan Stunting di kabupaten Sekadau, Tutup wabup(v)





Editor:venan

LihatTutupKomentar