X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Pemda gawai

Pemda gawai

Tim Indeks K Kabupaten Sekadau Sambangi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Agro Andalan (AA)

Sekadau,Batasborneo.com
Tim Indeks k kabupaten Sekadau kembali sambangi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Agro Andalan (AA),di desa Setawar kecamatan Sekadau hulu, pada Rabu (16/03/2022).

Dalam pertemuan tersebut Paulus Rimus sebagai ketua tim dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perkebunan, Perikanan (DKPPP) kab sekadau  meminta agar PT. AA ikut dalam mengusulkan Indeks, selain itu tim juga meminta laporan pengolahan TBS di PKS PT.AA dari bulan Januari dan Februari serta jumlah kelembagaan petani yang akan bermitra dengan perusahaan.

"Dari tiga hal yang di tanya oleh tim kepada pihak perusahaan, semuanya sudah dilaksanakan, kecuali ikut serta mengusulkan Indeks K, perusahaan berjanji bulan April 2022 siap mengusulkan sendiri.

Terkait kemitraan perusahaan dengan petani petani, yang sudah melakukan penjajakan dengan beberapa Koperasi Unit Desa (KUD) di beberapa desa yakni Engkersik,Mondi dan Sungai Sambang.

"Kita minta perusahaan melakukan tiga hal yang di minta oleh pemerintah, yakni ikut serta mengusulkan Indeks K dan memberikan laporan pengolahan TBS, di setiap serta melaporkan kemajuan proses kemitraan dengan pihak petani," kata Rimus ketua tim Indeks "K" kepada perwakilan PT.AA.

Jika Semua sudah di selesaikan oleh pihak perusahaan, makanya tidak ada lagi masalah, tingal komitmen perusahaan saja untuk melakukan permintaan Pemerintah Daerah kata nya di sela-sela pertemuan di ruang rapat PT AA.

Dalam kesempatan itu, ketua Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Bernadus Mohtar, meminta agar perusahaan yang memiliki PKS termasuklah PT.AA untuk terus mendorong kerjasama dengan kelembagaan petani, Agar mudah meningkatkan, kualitas Buah serta memenuhi kebutuhan, PKS

"agar petani bisa merasakan harga Tandan Buah Segar (TBS)yang baik sesuai dengan harga pemerintah.
Kami dari SPKS akan terus membantu perusahaan agar melakukan kemitraan dengan kelembutan petani, ucap Mohtar.

Sementara itu,  Imanuel Tibian mengatakan, bahwa ada tiga permintaan dari pemerintah daerah yang di sampaikan kepada perusahaan,   pihaknya sudah memenuhi, termasuklah untuk mengusulkan Indeks sendiri. Dan akan kami lakukan bulan pada April 2022," katanya.

Terkait kerjasama dengan kelembagaan petani ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan beberapa KUD di wilayah kerjanya, hal ini sebagai komitmen perusahaan kepada Petani di sekitar lingkunga PT. AA untuk melakukan pembinaan,

Ia mengatakan, mengenai laporan pengolahan TBS, pihaknya sudah memenuhi permintaan tersebut dengan memberikan laporan tahun 2021 dan tahun 2022 pada bulan berjalan. Kami terus berkordinasi 
Dan berkomitmen untuk selalu memenuhi permintaan Pemerintah Daerah," tutup nya






Editor: venan
LihatTutupKomentar