X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

SPKS mitrkan 8 Poktan Engkersik Dengan PT Agro Andalan (PT AA)

Sekadau,Batasborneo.com SPKS) Kabupaten Sekadau, resmikan mitra 8 kelompok kebun, dengan PT Agro Andalan (PT AA) Sejumlah koperasi perkebunan (Kopbun) Persada Engkersik Lestari (PEL) binaan Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Kabupaten Sekadau, untuk menjual beli tandan buah segar (TBS). Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Kopbun, Kamis (27/1/2022) di Engkersik.

Ketua SPKS Kabupaten Sekadau, Bernadus Mohtar mengtaakan Koperasi Kebun (PEL) sudah siap bermitra dengan pihak PT. Agro Andalan untuk jual beli TBS. Di wilayah nya, hal, ini di katakan Bernadus, saat pertemuan di kantor SPKS engkersik,

“Saya berharap kepada, pihak Poktan, yang dalam binaan PT AAN, setelah secara resmi bermitra,  agar ada pelayanan perubahan kepada petani yang sudah bermitra secara resmi, harus ada perbedaan terutama harga TBS dan grading,” kata Mohtar

Hal senada dikatakan, Ketua Koperasi Kebun PEL Sebinus, ia berharap agar perusahaan dalam pembelian TBS harus ada pengecualian dengan CV. Ia juga minta kepada PT. Agro Andalan agar bisa memberikan pelatihan kepada petani.

“Perusahan juga harus memperhatikan kondisi infrastruktur juga harus diperhatikan demi kelancaran pengangkutan TBS,”harapnya.

Selama ini kata dia, suplay TBS sudah kami lakukan, kedepannya Perusahaan ketika sudah bermitra harus konsisten dengan kesepakatan.

Sementara itu Marsel Perwakilan dari PT.Agro Andalan mengatakan, pihak perusahaan bisa memahami harapan para petani Koprasi Kebun. Dan kedepan dalam perjalanannya kita mesti tetap kompak .

“Mengenai grading dan pelatihan kita akan menyampaikan hal tersebut ke bagian Agronomi untuk melakukan sosialisasikan mengenai cara panen yang baik dan benar. Dan perlu ada edukasi ke petani,” kata Marsel.

Setelah bermitra sambung Marsel, akan memperlakukan Koperasi Kebun selaku mitra bukan sebagai tengkulak(tim)



Editor: venan
LihatTutupKomentar