X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Wabup Subandrio, Hadiri ODF Desa Mondi

Sekadau,Batasborneo.com Wakil bupati  Sekadau Subandrio, S.H M.H menghadiri acara deklarasi Open Decepticon Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di desa Mondi, Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau Kegiatan yang berlansungan di depan halaman kantor desa Mondi, Senin 03/06/2024.

Dalam Sambutan Wakil bupati  mengatakan atas nama pemerintah Daerah kabupaten Sekadau ia mengucapkan selamat kepada seluruh warga desa Mondi yang telah berhasil melaksanakan Deklarasi ODF pada hari ini. Serta Menyatakan 3 Pilar yakni.

Saat ini lanjut dia, desa Mondi telah bisa melakukan STBM tiga pilar yakni

1. Stop Buang Air Besar Sembarangan 

2. Cuci Tangan Pakai Sabun.

3. Pengolahan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga.
Arti nya dengan pernyataan ini bahwa kita komitmen menjaga kebersihan rumah tangga serta lingkungan,

Di katakan Wabup juga memberikan apresiasi kepada warga desa Mondi, petugas Kecamatan serta pemerintah daerah yang sudah turun berkolaborasi dalam upaya membantu Hinga tercapainya desa ini di nyatakan Deklarasi ODF yang arti nya Menjadi maju siap bersaing Hinga men sejahterakan masyarakat, 

"Selamat dan apresiasi kepada seluruh masyarakat desa Mondi yang sudah berhasil melaksanakan Deklarasi ODF, semoga dengan deklarasi tiga pilar bisa memotivasi desa lain," kata Wabup.

Sambung Wakil Bupati Saat ini kita juga terus berupaya dalam meningkatkan membangun di seluruh kabupaten Sekadau, mulai dari bidang, infrastruktur dan pembagunan Rumah ibadah serta bidang kesehatan dan pendidikan,pertanian dikatakan Wakil bupati Sudah ada 13 Fisik  puskesmas dan RSUD dan Rumah Sakit Prataman



"Agar pelayanan kesehatan sampai kepada lapisan bawah masyarakat," kata Wabup.

Masih dikatakan Wabup, saat ini kita sudah berhasil menanggani kasus Stunting, bahkan penurunan angka Stunting di kabupaten Sekadau dari 36 persen bisa turun menjadi 12 persen. Hasil ini sangat luar biasa, artinya kerja keras semua pihak akhirnya membuahkan hasil ucap nya

Sementara itu Henry Alpius kepala dinas PP dan KB kabupaten Sekadau dalam sambutannya mengatakan, dirinya memberikan apresiasi kepada Pemdes Mondi yang telah berhasil melaksanakan Deklarasi ODF. 

Menurut Henry, Deklarasi ODF bukan semata kegiatan seremonial yang sewaktu-waktu hilang begitu saja tanpa ada evaluasi. Karena deklarasi ODF berkaitan dengan kesehatan masyarakat yang berada di wilayahnya.

Karena faktor kesehatan sangat krusial bagi masyarakat, karena dengan sehat orang bisa berkreasi, anak-anak bisa tumbuh cerdas.

Saat ini lanjut dia, desa Mondi telah bisa melakukan STBM tiga pilar yakni

1. Stop Buang Air Besar Sembarangan 

2. Cuci Tangan Pakai Sabun.

3. Pengolahan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga. 

"Semoga tiga pilar ini bisa di selalu di jaga oleh masyarakat desa Mondi," sarannya.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses ODF desa Mondi," kata Camat.

Saat ini kata dia, dari 15 desa yang ada di kecamatan Sekadau hulu, sudah ada 9 desa yang sudah ODF, kini sisa 6 desa lagi yang belum. Namun dalam waktu dekat ini satu lagi desa yang akan melaksanakan ODF, jadi tingal 5 desa yang belum ODF di kecamatan Sekadau hulu.

"Semoga desa lain bisa menyusul agar kecamatan Sekadau hulu bisa 100 persen ODF," harapnya.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung semua proses menuju ODF desa Mondi," ucapnya.

Deklarasi ODF juga dibarengi dengan Sunat Masal Gratis, pengobatan gratis, pembagian susu gratis untuk anak-anak, pembagian susu untuk anak-anak Balita lambat pertumbuhan, pemberian vitamin kepada ibu hamil, pembagian kacamata baca kepada Lansia.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kadis Pendidikan Fran Dawal, kadis Perhubungan Hermansyah, Kadis Dukcapil Suryadi, Kapolsek,Danramil,  para Kabag Kepala Puskesmas Rawak, tim kesehatan dari Puskesmas Rawak dan kabupaten Sekadau, sekcam Sekadau hulu Fransisco Uwardianus, seluruh kepala desa se-kecamatan Sekadau hulu serta seluruh undangan lainnya

LihatTutupKomentar