X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Abbaku Rapat Sosialisasi 1000 Hari pertama Cegah Stunting Desa Nanga Ansar

Sekadau,Batasborneo.com, Kepala desa Nanga Ansar Bersama Ketua BPD Rapat, Sosialisasi 1000 Hari pertama kehidupan untuk mencegah stunting di desa Nanga Ansar tahun 2023 dengan tema, meningkatkan angka partisipasi, keluarga di pendidikan anak usia dini, kegiatan yang di laksanakan Di desa Nanga Ansar, Senin (02/10/2023)

"Ingin memiliki anak yang cerdas dan unggul? Hal ini sudah bisa Bunda upayakan sejak dalam kandungan. Caranya dengan konsisten menjaga asupan makanan tetap sehat.

Mencegah stunting atau gagal tumbuh harus dilakukan sejak 1000 hari pertama kehidupan anak. Itu artinya, Bunda sudah harus memperhatikan kecukupan gizi sejak awal kehamilan. Stunting dapat terjadi sejak kehamilan jika terjadi hambatan pertumbuhan pada janin dalam kandungan.

Pastikan asupan makanan ibu hamil tercukupi agar janin berkembang dengan baik. Apabila asupan makanan ibu cukup dan tidak ada penyulit lain, umumnya janin akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Kecukupan asupan makanan ini, nantinya dapat dilihat dengan pertambahan berat janin yang sesuai dengan usia kehamilan.

Usahakan agar ibu hamil cukup mengonsumsi makronutrien seperti, karbohidrat, protein, dan lemak. Dalam hal ini, utamakan agar ibu hamil mendapat protein hewani. Diimbangi juga dengan mengomsumsi mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah dan sayuran.

"Kata kepala desa nanga ansar Abbaku, Kami berharap melalui Rapat pada hari  ini,agar, ibu hamil dan keluarga yang memiliki anak balita dapat memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam mengasuh dan membina tumbuh kembang anaknya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat desa Nanga Ansar, tentang pentingnya periode 1000 hari pertama kehidupan untuk pencegahan stunting,” kata kades

Menurut Kades Nanga Ansar Abbaku, kegiatan yang di laksanakan di aula ini, kegiatan yang menyasar kepada para Ibu - ibu yang sedang hamil mau pun kepada ibu-ibu yang ada balita dari 0-59 bulan masa pertumbuhan, kata ia terimakasih kepada  ibu-ibu bidan, penyuluh KB, tim penggerak PKK, kader kelompok bina keluarga balita, kader posyandu, dan sasaran langsungnya, ibu hamil serta keluarga yang memiliki anak usia 0-59 bulan atau keluarga balita. Terimakasih Atas kerjasama, yang telah peduli dengan lingkungan kita,

Ia berharap di desa ini tidak ada anak kasus Stunting mari kita bersama-sama menjaga pola hidup yang sehat, serta lingkungan yang bersih, tujuan agar kedepan nya  agar anak-anak berkembang dengan baik ucap nya,

Apa lagi desa kita pada bulan Oktober ini sudah mempersiapkan menuju desa ODF, nah maka dari itu kita yang ada di lingkungan desa Nanga Ansar, saling menjaga kebersihan, bagi ibu-ibu yang hamil agar selalu mengecek kehamilan ke puskesmas terdekat, ucap nya(v)


Editor :   venan

LihatTutupKomentar