X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Peletakan Batu pertama Oleh Bupati Aron Tanda Di Mulai Pembagunan Institut Teknologi Kelingkumang (ITKK) Sekadau


Sekadau,Batasborneo.com 
Bupati Sekadau Aron,SH meletakkan batu pertama sebagai tanda akan dibangunnya gedung Rektorat Institut Keling Kumang (ITKK), Jumat (20/05/2022) di jalan Merdeka Timur.

Dalam arahannya, bupati sangat mengapresiasi kepada yayasan Keling Kumang (KK) yang bersedia membangun ITKK di kabupaten Sekadau. 

Harapan kedepannya dengan dibangunnya universitas tersebut ini agar bisa menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten Sekadau,karena saat ini kabupaten Sekadau hanya 64 persen IPM dan pendidikan menjadi indikator penyumbang naiknya IPM.

"Kita berharap dengan adanya universitas di kabupaten Sekadau kiranya bisa menyumbang naiknya IPM dan bisa menampung para siswa-siswi yang hendak melanjutkan sekolah di bangku kuliah,

sambung bupati, Pemerintah daerah sangat mendukung sepenuhnya atas kehadiran pembagunan ITKK apa yang di buat oleh yayasan KelingKumang, karena pendidikan menjadi sangat penting di era persaingan global seperti saat-saat ini.

Meskipun teknologi canggih, namun apabila sumberdaya manusia nya kurang menguasai, maka sia-sia juga, karena saat ini, perkembangan IPM harus maju mampu berdaya saing di jaman teknologi, era digital,
Makanya pendidikan menjadi solusi pertama bagi kita, tutup aron

"Sementara itu  rektor universitas ITKK Stepanus Masiun mengatakan, Pembagunan pertama ini kita di mulai dari pembagunan dasar, tapak-tapak  tiang lantai dulu,karna  keterbatasan angaran sumbangan dari anggota Kelingkumang, nah maka pembagunan  akan bertahap, pembagunan terdiri dari 3 lantai, di Jalan merdeka timur, KM 4. Lantai pertama, (1)  ruang  perkantoran dosen dan pelayana Administrasi, lantai (2) ruang kelas, dan lantai (3). Rung pertemuan, pengerjaan yang di perkirakan kurang lebih memakan waktu kurang lebih 1,5 tahun setengah dan semoga di tahun 2023 Desember pembangunan universitas KK ini sudah selesai kata masiun, saat menyampaikan pidatonya, 

 "Karana di tahun 2025 nanti kita akan wisuda pertama, di gedung ITKK. pada saat itu akreditasi ITKK akan usaha naik menjadi Tipe B. Saat ini kita masih mengunakan gedung SPP, di JL merdeka Barat jl rawak.

Untuk program studi (prodi)unggulan, kita akan punya tiga prodi ungulan yang sesuai dengan kondisi kabupaten Sekadau saat ini, yang pertama (1) teknologi wirausaha, (2). prodi teknologi perkebunan dan (3). prodi komputer, semua itu disesuaikan dengan kondisi kabupaten Sekadau saat ini agar para mahasiswa ketika sudah lulus bisa menciptakan  lapangan kerja sendiri, serta bekerja di perusahaan maupun melamar sebagai PNS. Ucap masiun

Namun kata dia lagi, untuk penerimaan mahasiswa tentu tidak ada batasan, semua warga baik dari luar Sekadau sampai luar pulau Kalimantan barat juga kita tampung, sebagai mahasiswa.

Untuk penerimaan mahasiswa, kita tidak batasi hanya pada anggota CU KK saja, tapi terbuka untuk umum, bahkan dari luar negri juga kita terima,"kata Masiun.

Sementara itu Musa ketua Yayasan Keling Kumang dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa ITKK bukan di bawah kendali menejemen CU KK tetapi Universitas ITKK dibawah kendali yayasan.

"Terkait penerimaan mahasiswa karena Universitas ini adalah hasil inisiasi CU Keling Kumang, apakah ada perlakuan khusus bagi anak anggota CU Keling Kumang yang akan kuliah di ITKK, ia menjawab memang ada perlakuan khusus bagi anggota CU KK, paling tidak anak-anak anggota CU KK ada pemotongan biaya masuk sebesar Rp.2 juta sampai Rp. 2,5 juta.

"Jika ingin perilaku sama dengan anggota CU KK, maka daftar ke ITKK daftar juga menjadi anggota CU KK, agar biaya daftar dapat potongan,"sarannya.

Untuk pembangunan gedung ini di pungut secara dari anggota CU KK sebesar Rp.20 ribu per anggota, saat ini seluruh anggota CU KK sebanyak 207 orang, dengan jumlah anggota sebanyak itu dikalikan Rp.20 ribu maka hasilnya cukup lumayan, belum lagi sumbangan dari berbagai pihak yang bisa 2 sampai 4 kali lipat dari jumlah itu.
Kita sebut G20 yang artinya satu anggota Rp.20 ribu rupiah,"kata Musa.

Nanti kata dia lagi, nama-nama penyumbang akan kita catat dalam catatan digital, tujuan tentu untuk, dikenang bahwa siapapun yang punya andil, dalam membatu menyumbang ITKK berapapun sumbangan akan kita catat katanya.

 Dikatakan dia lagi, terkait mutu kita akan berusaha agar mutu pendidik lebih baik dan mampu bersaing,karena saat ini para dosen yang kita miliki rata-rata S2 sesuai ahli di bidangnya.

Jadi jangan kwatir, kita akan berupaya agar mutu ITKK setara dengan universitas di Kalimantan barat," tekadnya.

Terbuka untuk umum, seluruh Indonesia, karena anggota CU KK berharap satu keluarga satu sarjana, yang ekonomis tidak punya kekuatan memadai untuk di sekolah diluar Kalbar. Untuk kwalitas kita akan berusaha agar ITKK bisa bersaing dengan universitas lain dan tidak kalah mutu dengan universitas di luar sana.(*)








Editor:venan
LihatTutupKomentar